Senin, 28 Februari 2022

, , , , , ,

Jenis Termometer dan Penanganan Yang Benar

Ruanganalisa.com - Hai Rekan Analis, Termometer adalah peralatan yang digunakan untuk mengukur temperature / suhu pada suatu benda. Termometer ada berbagai macam, tapi kali ini kita hanya akan membahas bagaimana cara handle termometer yang baik

Termometer, Thermometer handling
www.ruanganalisa.com/penanganan-termometer-yang-benar.html

Termometer adalah alat yang berfungsi untuk menentukan suhu atau temperatur dari benda atau keadaan yang diukur. Dengan termometer kita dapat mengetahui angka panas dan dingin suatu sampel uji secara kuantitatif. Jenis - Jenis Termometer ada banyak berdasarkan peruntukan uji yang diinginkan, seperti berikut ini

Jenis - Jenis Termometer 

1. Termometer Alkohol

Termometer alkohol adalah jenis termometer yang banyak digunakan terutama di bidang - bidang medis. Secara fisik termometer ini berwarna bening sehingga harus dilihat dengan jeli terkait perubahan suhu yang terjadi.

Thermometer Red Alcohol
img source : brouwland.com

Termometer alkohol umumnya lebih murah dan lebih safety, namun range atau rentan suhu yang mampu diukur terbatas < 100 C. 

Link Pembelian : Termometer Alkohol Murah

2. Termometer Air Raksa (Mercury)

Termometer air raksa adalah jenis termometer yang menggunakan air raksa sebagai indikator pengukurannya. Termometer ini sering digunakan pada laboratorium - laboratorium ternama. 

thermometer mercury
img source : www.baggottantiques.com

Termometer air raksa memiliki rentan ukur yang lebih tinggi dari pada termometer alkohol, mulai dari -40 C hingga 350 C. Kekurangan termometer air raksa adalah harganya yang mahal dan penggunaannya harus hati - hati karena air raksa ini berbahaya untuk kulit manusia terutama jika termometer ini pecah. 

Link pembelian : Termometer air raksa bersertifikat

3. Termometer Gas

thermometer gases
img source : www.tec-science.com

Termometer ini menggunakan gas seperti hidrogen dan helium dalam prinsip kerjanya. Perubahan suhu yang terjadi akan membuat gas helium / hidrogen tadi akhinya terurai dan menaikan atau menurunkan indikator yang ada pada alat termometer tersebut.

4. Termometer Infrared

Termometer sinar inframerah adalah termometer yang memiliki prinsip kerja menembakan sinar inframerah. Sinar ini kemudian akan mendeteksi suhu yang dimiliki objek.

thermometer infrared
img source : shopee.co.id

Termometer jenis ini paling banyak digunakan pada masa covid-19 sekarang ini karena dapat melakukan pengukuran tanpa menyentuh objek yang menjadi salah satu dalang penyebaran covid-19. 

Selain dalam bidang medis, termometer ini juga sering digunakan untuk melakukan pengukuran - pengukuran di bidang industri. seperti mengukur suhu pipa, besi, dan sebagainya.

Link Pembelian : Termometer Infrared

5. Termokopel

Termokopel adalah termometer yang menggunakan prinsip arus listrik. Termokopel ini memiliki dua logam yang diukur dengan amperemeter. Terjadinya perubahan suhu memiliki korelasi dengan arus listrik. 

thermometer thermocouple
img source : shopee.co.id

Rentan ukur termokopel cukup besar dengan angka -100 C hingga 1000 C. Namun termometer ini wajib dikalibrasi sebelum digunakan untuk meningkatkan jaminan mutu hasil pengujiannya

Link Pembelian : Termometer Termokopel Termurah dan Bersertifikat

6. Termometer Bimetal Mekanik

Rekan rekan yang biasa bekerja dengan alat alat industri umumnya sering menemukan jenis termometer ini kan. Termometer bimetal adalah termometer yang memiliki prinsip kerja pemulaian dan melengkung. Indikator Termometer bimetal ini umumnya berbentuk lingkaran. Jarum atau indikator petunjuk suhu akan bergerak searah jarum jam untuk menunjukan suhu. 

thermometer bimetal, cole palmer
img source : pim-resources.coleparmer.com

Dimana indikator termometer akan naik ketika suhu naik yang menyebabkan keping bimetal akan melengkung. Sedangkan indikator termometer akan turun ketika suhu turun yang menyebabkan keping bimetal semakin kembali seperti awal. Rentan ukur termometer ini biasanya ada pada angka 0 C hingga 600 C.

Link Pembelian : Termometer Bimetal

7. Termometer Digital

Termometer digital adalah termometer yang kerap digunakan untuk mengukur suhu badan kita. Termometer digital lebih sensitif dan dinilai lebih akurat untuk mengukur suhu tubuh.

thermometer digital
img source : shopee.co.id

Termometer digital menggunakan prinsip pembacaan logam untuk menentukan suhu dan kemudian ditampilkan dalam bentuk digital

Link Pembelian : Termometer Digital ThermOne

8. Termometer Probe

Termometer probe adalah termometer yang secara prinsip kerja mirip dengan termometer termokope yang menggunakan prinsip daya hantar listrik, bedanya pada termometer probe sensor suhu hanya pada satu logam berbentuk seperti paku atau jarum.

thermometer probe
img source : shopee.co.id

Dalam laboratorium migas, termometer ini digunakan pada pengukuran viskotasi dinamis dengan menggunakan alat viskometer brookfield

Link Pembelian : Termometer Probe Terbaik

Bagaimana cara pegang termometer yang benar ?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memegang termometer. Tujuannya tidak lain adalah untuk menjaga diri kita dari kesalahan pengukuran dan kerusakan alat termometer yang digunakan 

1. Bersihkan Termometer

Sebelum termometer digunakan atau setelah digunakan, bersihkan termometer untuk menghindari kontaminasi dari zat yang telah digunakan sebelumnya dan yang akan digunakan dan lagi zat yang akan diukur temperaturenya dapat terhindar dari kerusakan zat akibat kontaminasi.

2. Posisikan Termomter Dalam Keadaan Tegak

Posiskan termometer dalam keadaan tegak setelah digunakan. 

3. Tidak Menyentuh Dasar

Saat melakukan pengujian zat, posisikan termometer tegak dan tidak menyetuh dasar dari pada wadah. Misal saat melakukan pengujian crude oil, pada termometer tertentu terdapat aturan pakai seperti tercelup beberapa milimeter (mm) alias terdapat batas pada pengukuran tersebut atau termometer yang tercelup total setinggi air raksa atau indikatornya.

4. Tidak Menyetuh Langsung dengan Tangan

Saat melakuka pengukuran suhu dengan menggunakan termometer, jangan menyentuh langsung termometer. Tangan kita memiliki suhu yang dapat mempengaruhi nilai dari pengukuran yang dilakukan. Kalian dapat menggunakan tali atau lainnya dalam melakukannya

PENUTUP

Demikianlah bahasan kali ini terkait dengan jenis - jenis termometer dan cara penanganan yang tepat baik saat penggunaan hingga menyimpan termomter. 

Nah, Menurut kalian apa lagi yang mesti dilakukan sebaiknya dalam penanganan termometer ini ? 

berikan komentar kalian ya

Salam
Share:

0 Comments:

Posting Komentar