Rabu, 01 Juni 2022

, , , , , , , , ,

Kegunaan Etanol Dan Bahaya Etanol

Ruanganalisa.com - Hai Rekan Analis, kali ini admin ruang analis membahas sedikit tentang etanol. Etanol adalah salah satu jenis alkohol yang kerap digunakan di sekitar kita sehari hari. Berikut penjelasannya ya !

Alkohol, Etanol, Etanol Adalah, Kegunaan Etanol, Bahaya Etanol, Etanol Absolute, Etanol PA
www.ruanganalisa.com/kegunaan-etanol-dan-bahaya-etanol

Apa itu Etanol ?

Etanol sering disebut juga Etil Alkohol adalah cairan bening tidak berwarna, mudah menguap dan terbakar serta menjadi bahan utama dalam minuman beralkohol seperti bir, anggur, atau dan lain lain. Karena mudah larut dalam air dan senyawa organik lainnya, etanol juga merupakan bahan dalam berbagai produk, mulai dari produk skincare, cat dan pernis hingga bahan bakar.

Etanol adalah produk sampingan alami dari fermentasi tanaman dan dapat diproduksi melalui hidrasi etilen.

Etilen adalah senyawa alkena paling sederhana yang terdiri dari empat atom hidrogen dan dua atom karbon yang terhubungkan oleh suatu ikatan rangkap - Wikipedia

Bagaimana etanol dibuat?

Di Amerika Serikat, etanol umumnya paling utama dihasilkan dari fermentasi pati dalam biji jagung. Dalam skala industri bahan bakar, bio-refineries menggunakan teknologi tinggi yang paling muktahir untuk mengubah biji-bijian, limbah makanan dan minuman, biomassa dan bahan baku lainnya menjadi etanol yang beroktan tinggi. 

Baca Selengkapnya : Cara Membuat Etanol

Secara umum rekan rekan dapat melihat info grafik di bawah ini dalam pembuatan etanol 

source image : letstalkscience.ca

Milling 

Biji jagung utuh digiling menjadi tepung atau makanan. Makanan terutama berasal pati. Pati adalah karbohidrat yang terdiri dari rantai panjang molekul gula.

Liquifaction

Air ditambahkan ke makanan untuk membuat 'bubur.' Bubur dipanaskan untuk memecah molekul pati yang panjang menjadi potongan - potongan yang lebih kecil. Enzim alfa-amilase ditambahkan untuk mengkatalisis (atau mempercepat) pemecahan molekul pati.

Baca Juga : Ruang Lingkup Kimia Analisis

Saccharification

Potongan molekul pati dipecah menjadi glukosa gula sederhana. Reaksi ini dikatalisis oleh enzim yang disebut glukoamilase.

Fermentation

Mikroorganisme ber sel tunggal yang disebut ragi ditambahkan ke bubur. Fermentasi adalah proses biokimia yang terjadi ketika ragi memecah glukosa. Ragi mendapat energi dari glukosa. Sehingga, etanol diproduksi.

Baca Selengkapnya : Ragi dan Cara Membuat Ragi Adalah

Destilation 

Produk dari proses fermentasi hanya 10-15% etanol. Itu harus dipekatkan untuk menjadi etanol murni (100%). Etanol memiliki titik didih yang lebih rendah daripada air. Ini diuapkan dan dikondensasi secara selektif dalam proses yang disebut distilasi. Proses ini menghasilkan etanol yang murni 95%. Sisa 5% dari campuran adalah air. Campuran disaring dan didehidrasi untuk menghasilkan etanol murni.

Denaturation 

Sejumlah kecil bensin ditambahkan ke bahan bakar etanol agar tidak bisa diminum.

Baca Juga : Kegunaan sodium lauryl sulfate

Sifat Fisik Etanol

Etanol secara umum memiliki sifat fisik :

  • Tidak berwarna
  • Berbau Khas atau spesifik
  • Density ( 0.789 gr/cc )
  • Titik didih ( 78 C )
  • Titik Nyala ( 13 C ) - Mudah Terbakar
  • Kelarutan dalam air ( Larut Sempurna )
  • Tekanan Uap (58 kPa / 8.14 Psi pada temperature 20 C)
  • Viskositas Dinamis ( 1.2 Cp pada temperature 20 C)

Sifat Kimia Etanol

Etanol secara umum memiliki sifat kimia :

  • Rumus Kimia (C2H5OH)
  • Massa Molar (46,06844 g/mol)
  • Gugus Hidroksil Basa
  • Bereaksi dengan Hidrogen Halida
  • Membentuk Ester dengan reaksinya pada asam karboksilat
  • Dapat dioksidasi menjadi asam asetat

Kegunaan Etanol

source image : byjus.com/chemistry/uses-of-methanol-and-ethanol

Produk Personal Care

Etanol adalah bahan umum dalam banyak skinccare. Dalam hal ini etanol bertindak sebagai senyawa untuk membersihkan kulit, sebagai pengawet losion dan membantu supayaa bahan losion ini nantinya tidak terpisah, serta sebagai senyawa yang membantu agar hairspray menempel pada rambut.

Baca Juga : Kegunaan Metanol di Berbagai Bidang

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dari Amerika Serikat menganjurkan penggunaan etanol terlebih jika sabun dan air di sekitar kalian tidak tersedia. Etanol ini memang menjadi bahan yang banyak digunakan pada handsanitizer karena etanol efektif dalam membunuh mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan virus. Memperhatian kebersihan tangan merupakan bagian penting dalam menghentikan penyebaran COVID-19. Menggunakan hand sanitizer membantu menonaktifkan SARS-CoV-2, jenis virus corona yang menyebabkan COVID-19.

Produk Rumah Tangga

Etanol pada rumah tangga umumnya sering digunakan dalam bahan cat, pernis dan peralatan pembersih rumah tangga. Etanol mudah bercampur dengan air dan senyawa organik sehingga membuat bahan kimia ini baik digunakan sebagai pelarut. 

Jika dirumah rekan rekan ada yang corat coret dinding atau keramik menggunakan spidol permanent, bisa menggunakan etanol ini untuk membersihkanya

Aditif makanan

Sebagai bahan tambahan makanan, etanol dapat membantu mendistribusikan pewarna makanan secara merata, serta meningkatkan rasa ekstrak makanan. Misalnya, ekstrak vanila, penyedap makanan yang umum, dibuat dengan mengawetkan dan memproses biji vanili dalam larutan etanol dan air. Di Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA) hanya mengizinkan vanila disebut "ekstrak" jika memiliki basis alkohol atau etanol.

Baca Juga : Kegunaan Soda Ash Sebagai Aditif Makanan

Apa saja makanan yang mengandung etanol?

Contoh buah - buahan bermerek dan permen dengan isi alkohol adalah contoh makanan dengan etanol. Produk makanan lain seperti puding plum dan kue buah dapat mengandung etanol jika alkohol sulingan digunakan untuk penyedap dan pengawet.

Mengapa alkohol menjadi bahan dalam obat kumur dan sirup obat batuk?

Alkohol ditambahkan ke obat kumur untuk melarutkan bahan lain dan membantu bahan aktif penting seperti mentol, eucalyptol dan timol menembus plak. Banyak cairan batuk dan pilek serta produk OTC (over-the-counter) lainnya mengandung alkohol. Dalam formulasinya, alkohol membantu melarutkan

Bahan bakar

Lebih dari 98 persen bensin AS mengandung etanol, biasanya dalam campuran yang disebut E10, terdiri dari 10 persen etanol dan 90 persen bensin, untuk mengoksidasi bahan bakar dan mengurangi polusi udara.

Etanol memiliki angka oktan lebih tinggi daripada bensin, memberikan sifat pencampuran premium, menurut Departemen Energi A.S. Persyaratan angka oktan minimum mencegah ketukan mesin dan mempertahankan kemampuan mengemudi

Baca Juga : Kegunaan Sitrun atau Citric Acid

Bahaya Etanol

Dari beberapa sumber yang admin ruang analisa rangkum. Berikut adalah bahaya etanol pada tubuh dan lingkungan

Mudah Terbakar

Etil alkohol atau etanol sendiri memiliki sifat fisik nilai flash point yang tinggi. Flash point adalah temperature terendah dimana api mulai menyala.

Karsinogenik

Etanol memiliki sifat karsinogenik yang dapat menjadi pemicu kanker.

Karsinogen adalah zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Zat-zat karsinogen menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat dalam sel-sel tubuh, dan hal ini mengganggu proses-proses biologis - Wikipedia

Gagal Ginjal

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung etanol akan memiliki dampak buruk pada ginjal karena etanol sulit untuk dioleh menjadi urine oleh ginjal sehingga dapat menyebabkan gagal ginjal dan masalah ginjal lainnya

Ganguan Liver

Mengkonsumsi etil alkohol dalam jangka panjang akan menyebabkan penyakit pada liver atau hati. Dalam hal ini liver tidak berfungsi dengan baik, oleh karena liver tidak berfungsi dengan baik maka akan mempengaruhi fungsi organ tubuh lainnya.

Ganguan Kulit

Etanol yang terkena kulit umumnya akan menyebabkan kulit kering, jika terjadi secara terus menerus hal ini juga akan menyebabkan kerusakan pada kulit. 

Bahaya Secara Agama

Menurut agama islam,  konsumsi alkohol haram hukumnya untuk digunakan. Menurut MUI, ada batasan kandungan alkohol yang masih dapat diterima yakni sebesar 0.5%. Hal ini telah dikaji secara langsung oleh majelis ulama indonesia dalam portal berikut www.halalmui.org

Bahaya lainya ketika alkohol dikonsumsi secara berlebihan

  • Hilang Kesadaran
  • Mual
  • Sakit Kepala
  • Kejang - Kejang
  • dan masih banyak lagi

Apakah etanol aman digunakan ?

Keamanan

Etanol sangat mudah terbakar dan tidak boleh digunakan di dekat api menyala. selain itu, mencoba menghirup etanol ini dapat menyebabkan batuk atau sakit kepala, menurut CDC.

CDC adalah singkatan dari Centers for Disease Control and Prevention

FDA telah memberi label etanol sebagai zat kimia atau bahan kimia yang terakui sebagai Zat Aman secara umum atau Generally Recognized as Safe (GRAS), Jika sudah tercantum di dalam GRAS hal ini berarti bahwa para ahli telah menentukan bahwa etanol aman untuk digunakan dalam produk makanan dan memenuhi syarat kelayakan.

Karena etanol adalah bentuk alkohol yang sangat murni, konsumsi dan penggunaan dalam makanan diatur oleh Food and Drug Administration (FDA) , Biro Alkohol, Tembakau dan Senjata Api Amerika Serikat.

Jadi memang etanol secara umum aman untuk digunakan berdasarkan penilitan para ahli. Namun, terdapat aturan penggunaan penggunaan etanol tersebut agar tidak memberikan dampak buruk untuk kesehatan dan lingkungan

Keamanan Etanol

Untuk mencegah minum etanol murni dari produk perawatan pribadi atau pembersih, biasanya ditambahkan “denaturant”, seperti perasa pahit. Denaturan membuat alkohol tidak cocok untuk dikonsumsi manusia, tetapi tidak mengubah sifat lain dari zat tersebut

Penutup

Demikianlah pembahasan kali ini terkait dengan kegunaan dan bahaya etanol baik pada lingkungan dan tubuh. Terdapat banyak kelebihan dari penggunaan senyawa ini, namun tetap harus memperhatikan aspek keamanan penggunaan berdasarkan aturan para pakar. 

Semoga dapat memberikan informasi untuk rekan rekan analis semua. terima kasih atas perhatiannya

Salam

source :
Share:

0 Comments:

Posting Komentar