Sabtu, 28 Mei 2022

, , , , , , , , , , , ,

Sodium Lauryl Sulfate Adalah Kimia Berbahaya ?

Ruanganalisa.com - hai rekan analis, kali ini kita akan membahas zat kimia lainya terkait apakah sodium lauryl sulfate adalah kimia berbahaya ? bagaimana sifat fisiknya ? apa saja fungsinya dalam kehidupan kita ? hayuk kita bahas semua.

Sodium Lauryl Sulfate Adalah,sls adalah,kegunaan sls,efek samping sls,efek sls,surfactant sls, surfaktant
www.ruanganalisa.com/sodium-lauryl-sulfate-adalah.html

Apa itu Sodium Lauryl Sulfate ?

Sodium Lauryl Sulfate atau disingkat SLS adalah surfaktant atau bahan kimia yang umum digunakan pada produk - produk pembersih.

Secara kimia SLS ini memiliki rumus kimia CH3(CH2)10CH2(OCH2CH2)nOSO3Na. secara fisik memiliki nilai density 1.05 gr/cc, berbentuk seperti powder berwarna putih atau jarum - jarum kecil halus. Secara detail bergantung kepada produsen penghasil sls secara industri.

Nama Lain Sodium Lauryl Sulfate

Sls memiliki nama lain apabila rekan - rekan melihatnya pada produk - produk seperti shampo, sabun dan sebagainya. Diantaranya nama - nama tersebut adalah :

  • sulphate sodium salt
  • Sulfuric Acid 
  • Lauryl sodium sulphate 
  • Sodium Dodecyl Sulfate 
  • Sodium Salt Monododecyl Ester 
  • Sodium n-dodecyl 
  • Sodium Salt Sulfuric Acid
  • sulphate Lauryl
  • Aquarex me atau Aquarex Methyl

- orami.co.id

Kegunaan Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Sodium Lauryl Sulfate atau sls adalah surfaktant anionik atau deterjen yang umumnya digunakan pada produk - produk pembersih seperti sabun, sampo, odol dan lain lain. 

Baca Juga : Kegunaan dan Bahaya Etanol

Prinsip kerja dari surfaktant ini adalah menurunkan tegangan antarmuka dimana dengan menurunya tegangan antarmuka, maka kemungkinan terjadinya emulsi dapat terjadi. Dengan demikian surfaktan ini memecah minyak dan / atau noda sehingga dapat menyatu dengan air dan menjadi tidak menempel, hal inilah yang membuat noda atau minyak menjadi lebih mudah dibersihkan.

Tegangan antarmuka adalah gaya persatuan panjang yang terdapat pada antarmuka dua fase cair yang tidak bercampur.

Jika emulsi terjadi maka pada bahan - bahan pembersih seperti sabun atau lainnya akan menghasilkan busa - busa. 

Lalu bagaimana busa - busa ini bisa membersihkan kotoran ?

Sls pada sabun juga berfungsi sebagai emulifier atau foam agent yakni penambah busa dengan menurunkan tegangan antarmuka kotoran dan air. 

busa pada sabun inilah yang bertugas untuk menghilangkan kotoran, noda atau pun minyak pada badan rekan rekan semua. Hal ini karena ikatan kimia yang dimilikinya, ikatan kimianya tergabung dalam hidrogen, karbon, dan oksigen.

Baca Juga : Ruang Lingkup Kimia Analisis

Ikatan tersebut yang pada akhirnya akan memecah kotoran dan noda pada pakainya sehingga menjadi partikel yang lebih kecil sehingga larut dalam air dan mudah dibersihkan 

Itulah kenapa, pada saat membersihkan pakaian di mesin cuci dengan sabun kita dapat melihat partikel kecil pada saat setelah digunakan.

Jika dibentuk point - poin secara umum SLS ini berguna untuk : 

  • Membersihkan pakaian dari noda seperti minyak, kecap, saus dan lainya
  • Membersihkan badan dari minyak akibat keringat 
  • Membersihkan gigi dan kotoran 
  • Mengentalkan makanan seperti pada marhmellow, dsb

Efek samping dan bahaya Sodium Lauryl Sulfate 

Dari berbagai kegunaan sls, namun ternyata memiliki beberapa efek samping baik itu pada manusia ataupun juga pada lingkungan. Hal ini kurang lebih mirip seperti obat - obatan lain yang beredar dimana terdapat efek samping dari penggunaanya, namun hal tersebut tergantung pada individu yang menggunakan.

Baca Juga : Ini kegunaan dan efek samping Sitrun (Citric Acid)

Efek samping pada manusia

Untuk orang yang kulitnya sensitif, terkadang bisa menyebabkan iritasi pada kulit, mata, mulut atau kepala seperti :

  • Kulit kering
  • Memerah
  • Terkelupas
  • Mata perih dan memerah
  • Bibir pecah, Sariawan hingga kering
  • dan sebagainya

Hal ini biasa terjadi apabila rekan rekan menggunakan bahan sls secara berlebihan. Sebaiknya gunakan dalam waktu singkat saja untuk menghindari terjadi masalah masalah tersebut.

Sebaiknya hindari penggunakan sls untuk rekan rekan yang memiliki masalah tersebut diatas, bisa dengan menggantinya dengan produk free sls lainnya.

Sls tidak menyebabkan kanker seperti hoax yang beredar. Hal ini telah dikonfimrasi langsung oleh FDA (Food and Drug Administration) Amerika serikat. Jadi tidak perlu khawatir yang berlebihan. 

Secara umum berdasarkan FDA (Food and Drug Administration) Amerika serikat menyatakan zat kimia sls aman untuk digunakan. Berdasarkan International Journal of Toxicology menyatakan bahwa dosis penggunaan yang baik pada sls maksimal 1%. Artinya dalam 1 gr sls, terlarut dalam 100 ml air (larutan)

source Img : mamaschoice.id

Efek Samping Pada Lingkungan

Walaupun minim, sls dalam jumlah yang terakumulasi hingga membesar tidak bagus untuk air sungai dan air laut, hal tersebut dinyatakan beracun berdasarkan ICSC. 

Penggunaan sls seperti sampo dan sabun lainnya akan mengalir ke laut yang mana membutuhkan waktu yang lama untuk bisa terurai di lingkungan. sehingga akumulasi yang terus menerus mungkin bisa memberikan efek buruk pada lingkungan.

Tempat membeli Sodium Lauryl Sulfate

Tempat untuk membeli sls ini banyak ditemukan di toko - toko kimia sekitar anda semua. Namun dalam membeli SLS perlu terdapat hal - hal yang perlu diperhatikan.

Kemasan

Kemasan yang digunakan pada sls harus baik, minimal beberapa lapisan untuk menghindari kerusakan selama transportasi. 

Transportasi

Hal ini perlu diperhatikan jika digunakan dalam jumlah besar sebaiknya menggunakan truck atau mobil 

Sertifikat (Certificate of Analysis /COA)

Sertifikat atau COA ini untuk menjamin bahwa bahan kimia sls telah diuji di laboratorium dan dinyatakan aman untuk ditransportasikan atau digunakan sebagaimana mestinya. 

Dalam COA biasa termasuk : kode barang, bentuk, warna, density, kemurnian dan kelarutan bahan kimia

source img : id.jinhetec.com

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat kali ini, dapa disimpulkan bahwa sodium lauryl sulfate adalah bahan kimia yang memiliki kegunaan dalam kehidupan kita, namun disisi lain juga memiliki efek yang kurang baik pada tubuh dan lingkungan. Rekan - rekan yang ingin menggunakannya sebaiknya cari tahu dulu terkait komposisi produk, kadar sls yang digunakan pada produk tersebut sehingga tetap aman digunakan. 

Terima kasih atas perhatian rekan rekan semuanya

Salam

Share:

0 Comments:

Posting Komentar