Minggu, 26 Juni 2022

, , , ,

Aplikasi Larutan Penyangga Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Ruanganalisa.com - Hai Rekan Analis, kali ini kita akan membahas cara membuat larutan penyangga. Namun sebelumnya rekan - rekan sudah tahu belum apa yang dimaksud dengan larutan penyangga. Aplikasi larutan penyangga banyak kita gunakan dalam kehidupan sehari - hari. Yuk Simak

Kimia,Apa itu,Kegunaan,Larutan Peyangga,Aplikasi,Ruang Analisa
www.ruanganalisa.com/aplikasi-larutan-penyangga

Apa itu larutan penyangga ?

Buffer Solution atau biasa disebut larutan penyangga adalah larutan yang tetap mampu mempertahankan pH nya meski ditambahkan air, pun apabila ditambahkan air yang memiliki pH asam kuat atau basa kuat perubahan pH larutan tidak berubah atau hanya berubah sedikit dari pH awalnya. Amazing bukan.

Misalnya ni ada larutan pH 6.0, kemudian ditambahkan air baik itu asam atau basa hasil pH tetap 5.9 atau 6.1. Dalam artian pH larutan tersebut tidak berubah terlalu besar atau signifikan.

Kenapa Bisa ?

Di dalam larutan penyangga terdapat reaksi asam - basa konjugasi. 

Dilansir dari kompas.com - Asam yang telah melepaskan atau mendonasikan protonnya disebut sebagai basa konjugasi. Sedangkan basa yang telah menerima atau menangkap proton dari asam, disebut sebagai asam konjugasi. Dan keduanya disebut dengan pasangan asam basa konjugasi

Larutan penyangga mengandung komponen - komponen tersebut sehingga tidak memihak ion H+ atau pun OH-. Dalam hal ini juga apabila ditambahkan asam atau basa kuat tidak akan mengubah pH secara signifikan.

Perbedaan Jenis Larutan Penyangga

Larutan penyangga dibedakan atas larutan penyangga asam dan larutan penyangga basa

1. Larutan penyangga asam

Larutan penyangga asam dibentuk oleh asam lemah dan basa konjugasi. 

2. Larutan penyangga basa

Larutan penyangga asam dibentuk oleh basa lemah dan asam konjugasi.

Aplikasi larutan penyangga dalam kehidupan sehari hari

Fungsi larutan penyangga bermacam - macam, berikut adalah beberapa aplikasi larutan penyangga dalam kehidupan sehari hari

1. Obat Tetes Mata

Mata rentan terhadap iritasi, penggunaan larutan penyangga pada obat tetes mata berguna menyamakan pH obat tetes dengan cairan pada mata sehingga obat tersebut tidak menyebabkan iritasi

2. Sampo

Dalam sampo terdapat larutan penyangga yang berfungsi untuk mempertahankan pH shampo berada pada range 4 - 6. Apabila pH sampo tidak pada range demikian dapat menyebabkan rambut penggunanya menjadi rontok. 

3. Kolam Renang

Pada kolam renang umumnya ditambahkan larutan penyangga untuk menjaga pH kolam renang sehingga tidak membuat iritasi pada kulit manusia. 

Penutup

Terdapat banyak sekali aplikasi larutan penyangga dalam kehidupan kita selain yang admin analis sebutkan di atas. Rekan - rekan bisa melihat di berbagai jurnal kimia lainnya untuk penggunaan larutan penyangga. 

Demikian pembahasan singkat kali ini. Terima kasih


source :
Share:

0 Comments:

Posting Komentar