Jumat, 17 Juni 2022

, , , , , , , ,

Kegunaan Metanol di Berbagai Bidang

Ruanganalisa.com - Hai Rekan Analis, pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang kegunaan etanol. Sekarang kita akan mencoba mengenal lebih jauh teman etanol yakni Metanol. Mari mengenal kegunaan metanol.

Alkohol,Apa itu,Cara Membuat,Bahaya,Kegunaan,Kimia,Laboratorium,Etanol,Metanol,
www.ruanganalisa.com/kegunaan-metanol-di-berbagai-bidang.html

Apa itu metanol ?

Metanol adalah singkatan dari metil alkohol merupakan senyawa kimia yang berwarna bening dan mudah terbakar. Metanol murni menjadi bahan dasar penting dalam sintetis kimia modern yang mana turunannya digunakan untuk membentuk senyawa senyawa lain seperti pewarna, resin, dan sebagainya.

Metanol pada mulanya dibentuk dengan proses pemanasan kayu tanpa udara kemudian dari hasil pemanasan tersebut terbentuk uap yang terkondensasi menjadi metanol. Sehingga tidak heran jika metanol sendiri memiliki nama lain wood alcohol (alkohol kayu) 

Dengan perkembangan teknologi metanol sintesis dibentuk dengan reaksi katalis karbon monoksida (CO) dengan gas Hidrogen pada tekanan dan temperatur tinggi.

Katalis adalah suatu zat yang mempercepat laju reaksi kimia pada suhu tertentu, tetapi tidak mengalami perubahan dan pengurangan jumlah - wikipedia[2]

Reaksi tersebut bisa rekan analis lihat pada gambar di bawah ini

img source : britannica.com
Gabungan karbon monoksida dan hidrogen dapat dilakukan dengan pembakaran parsial batu bara dengan adanya air. Untuk mendapatkan rasio karbon monoksida terhadap hidrogen yang tepat, perlu untuk memperhatikan pernambahan air yang dilakukan.

img source : britannica.com

Sifat Fisik dan Kimia Metanol

Sifat Fisik

Sifat fisik senyawa metanol diantaranya adalah

  • Berbentuk Cair
  • Tidak Berwarna
  • Berbau Kuat
  • Memiliki Density : 0.792 gr/cc
  • RVP : 2 psi
  • Titik didih : 64.7 C

Sifat Kimia

Metanol memiliki sifat kimia yang mana akan membentuk senyawa baru yakni apabila terbakar akan membentuk karbondioksida dan air

  • Rumus Kimia Metanol : CH3OH
  • Perubahan reaksi kimia : 2 CH3OH + 3 O2 → 2 CO2 + 4 H2O
  • Beracun
  • Mudah Terbakar (Flammable)

Kegunaan Metanol

Menurunkan Titik Beku (Antifreeze)

Salah satu kegunaan metanol adalah mampu menurunkan titik beku zat yang berbasis air serta mampu menaikan titik didihnya. Dengan sifatnya ini dalam industri migas, metanol seringkali aplikasikan dengan meninjeksikan ke dalam pipa gas alam untuk menurunkan titik bekunya, sehingga aktivitas transportasi gas alam tidak terhambat oleh tersumbatnya pipa gas ini.

Pelarut (Solvent)

Pada industri tulis, metanol umumnya digunakan sebagai pelarut dalam pembuatan berbagai alat tulis seperti spidol, tinta, pewarna dan lain - lain. Penggunaan metanol sebagai pelarut juga sering ditemukan pada industri farmasi dalam pembuatan produk dan bahan - bahan farmasi seperti vitamin, hormon dan lain lain.

Baca Juga : Kegunaan Soda Ash Adalah

Bahan Bakar (Fuel)

Apakah mungkin metanol menjadi bahan bakar ? jangan salah, tenyata 45 % metanol di bumi digunakan untuk sesuatu yang berhubungan dengan energi. Pada beberapa negara metanol digunakan untuk sumber bahan bakar kendaraan darat dan laut. Selain itu, metanol juga dapat disatu padukan dengan bahan bakar konvensional lainnya seperti bensin sehingga membentuk Metyl Tertiary Butyl Ether (MTBE) yang mana dengan MTBE ini juga menghasilkan nilai emisi yang lebih kecil daripada bahan bakar konvensional. 

Bahan Pengujian Salt Content

Metanol juga dapat menjadi bahan penting dalam pengujian di laboratorium. Salah satu contoh pengujian laboratorium yang membutuhkan metanol adalah pengujian salt content pada crude oil. Bahan metanol dan butanol merupakan senyawa dasar dalam pembuatan alkohol mix yang menjadi salah satu bahan pada pengujian salt content. 

Bahaya Metanol Bagi Kesehatan

Metanol adalah alkohol yang beracun apabila dikonsumsi oleh manusia atau makhluk hidup lainnya. Keracunan akibat metanol sering kali diakibatkan terminum, dan terhirup senyawa metanol. 

Paparan Metanol

Paparan metanol terhadap manusia umumnya terjadi dari tiga hal

1. Paparan Pada Kulit dan Mata

Metanol yang terkena kulit dapat menyebabkan iritasi hingga memerah dan apabila terkena mata akan menyebabkan mata memerah dan perih. 

Sebaiknya bilas dengan air bersih apabila terpapar metanol pada kulit dan mata. Pastikan untuk langsung menemui tim medis terdekat untuk menghindari masalah yang lebih serius

Baca Juga : Efek Samping Sitrun

2. Terhirup

Metanol yang terhirup manusia secara terus menerus dapat memengaruhi sistem saraf dan retina manusia hingga dapat menyebabkan kebutaan. Berdasarkan penelitian, terminum 10 ml metanol murni dapat menyebakan kebutaan dan terminum hingga 150 - 200 ml dapat menyebabkan kematian pada manusia. 

Apabila terhirup metanol murni, segera menjauh dari sumber metanol, hirup oksigen murni yang ada di sekitar rekan rekan  atau bisa langsung menemui tim medis terdekat terkait penangan lebih lanjut untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih serius

3. Tertelan / Terminum

Metanol yang terminum atau tertelan adalah jenis paparan yang paling berbahaya. 

Jika terminum langsung segera menuju tim medis terdekat karena hal ini membutuhkan penanganan yang lebih serius

Baca Selengkapnya : Seorang Wanita Meninggal Karena Keracunan Metanol di Bali

Selain bahaya bagi kesehatan, metanol juga berbahaya bagi lingkungan seperti : pencemaran air, lingkungan pertanian dan sebagainya.

PENUTUP

Kegunaan metanol ada pada berbagai bidang industri yang membuatnya menjadi senyawa penting untuk proses pembentukan bahan bakar, solvent, ataupun berbagai jenis produk lainnya. Disamping itu semua, bahaya metanol menjadi perlu diperhatikan agar dapat terhindar dari berbagai paparan metanol yang dapat mengganggu  kesehatan manusia terlebih dalam jangka panjang. 

Dalam menggunakan senyawa metanol ini perlu untuk menggunakan alat pelindung diri yang sesuai untuk menghindari hal - hal buruk yang dapat merusak tubuh dan lingkungn. 

Demikianlah pembahasan terkait kegunaan metanol kali ini. semoga ada manfaatnya. terima kasih


source :
Share:

0 Comments:

Posting Komentar