Minggu, 03 Juli 2022

, , , , ,

Kegunaan Soda Ash Adalah

Soda ash adalah salah satu senyawa kimia yang banyak digunakan khususnya dalam industri rumah tangga. Tidak hanya itu, penggunaan senyawa ini sebenarnya umum digunakan hingga ke industri migas. 

    Hai Rekan Analis Selamat Datang di Ruang Analisa, kali ini kita mengupas tentang jatidiri dari kimia sodium karbonat yang banyak digunakan di masyarakat dunia secara umum. Yuk Disimak

    Analisa,Kimia,Kegunaan,Efek samping,Soda Ash,Sodium Carbonate,Soda Ash Adalah,Ruang Analisa
    www.ruanganalisa.com/kegunaan-soda-ash-adalah

    Apa itu soda ash ?

    Soda Ash adalah senyawa kimia yang mempunyai rumus kimia Na2CO2. Soda ash sering juga disebut dengan Natrium Carbonat, Sodium Carbonate dan soda abu. Jadi jika rekan analis melihat nama ini berarti kimia yang dimaksud adalah soda ash

    Secara fisik senyawa ini memiliki karateristik yang berbentuk bubuk atau powder, berwarna putih, tidak berbau, dan larut dalam air

    Umumnya senyawa ini dapat ditemukan di alam pada daerah yang kering terutama pada daerah yang terdapat endapan material atau batuan evaporit. 

    Berdasarkan teorinya soda ash sebenarnya adalah garam natrium yang terbentuk dari asam karbonat. Namun meski terbentuk dari bentuk asam faktanya sifat sodium karbonat ini adalah basa hingga mampu membentuk ikatan alkali yang kuat. 

    Jenis - Jenis Soda Ash

    Soda ash secara umum dibedakan atas dua :

    1. Soda Ash Dense

    2. Soda Ash Light

    Perbedaan soda ash dense dan light paling mencolok adalah kandungan natrium karbonat dan kandungan garamnya. Soda ash light secara umum memiliki nilai bulk density 0.500 - 0.600 gr/cc, sedangkan soda ash dense memiliki nilai bulk density 0.900 - 1  gr/cc.

    Baca Juga : 

    Selain itu ada perbedaan pada penggunaanya soda ash light dan soda ash dense. Light digunakan pada berbagai industri yang berkaitan dengan bahan makanan, seperti pada industri makanan, kertas, tekstil, dan pewarna. sedangkan Dense digunakan pada berbagai industi kaca, metalurgi, deterjen, kimia katalis, bahan pemutih dan lain lain.

    Kegunaan Soda Ash

    Senyawa ini memiliki banyak kegunaan baik dalam skala industri maupun skala rumah tangga. Kegunaan soda ash antara lain adalah : 

    1. Pada Proses Penjernihan Kolam Renang

    Pada proses membersihkan kolam renang, soda ash berguna untuk menjernihkan air kolam renang. Air pada kolam renang tidak mudah jernih meski diganti berkali kali, terlebih jika rekan rekan menggunakan air keran. Bisa lama banget menunggu untuk bisa jernih dengan prinsip dasar settling gravitasi.

    Hal ini terjadi karena pH pada kolam renang yang tidak stabil. Perubahan warna menjadi keruh pada kolam renang disebabkan oleh pH yang tidak stabil ini membuat bakteri dan lumut lebih mudah berkembang.

    Dilansir dari jasakontraktorkolamrenang.com pH kolam renang yang ideal adalah 6.8 - 7.6 , dimana dengan pH tersebut dapat membuat chlorine bekerja dengan efektif

    Penambahan sodium karbonat pada kolam renang akan membuat pH air kolam renang menjadi stabil sehingga menjadi jernih. Senyawa kimia ini membuat kotoran pada kolam menjadi lebih mudah mengendap di bawah atau dasar kolam sehingga lebih mudah untuk di filter.

    Kegunaan soda ash pada kolam renang lainnya adalah membuat air menjadi lembut pada kulit sehingga tidak merusak atau membuat kulit rekan teriritasi. Hal ini penting supaya bisa tetap nyaman bermain dalam air kolam terutama kulit anak - anak hingga balita yang rentan terhadap iritasi semacam ini

    2. Pada Makanan Yang Kita Konsumsi

    Soda ash atau soda abu untuk makanan umumnya sering kita jumpai. Namun ternyata jenis yang digunakan pada makanan berbeda dengan jenis yang digunakan untuk fungsi lainnya seperti jenis pada kolam renang. 

    Soda ash pada makanan adalah jenis soda ash light food grade. Jenis ini memiliki kegunaan untuk menguatkan adonan atau bahan makanan seperti mie.

    Soda Ash Light adalah jenis soda ash yang biasa digunakan untuk bahan makanan

    Soda ash untuk mie membuat mie menjadi lebih awet atau tahan lama dan tetap terlihat segar, selain itu soda ash untuk mie ini pula yang membuat mie berwarna kekuningan.

    3. Pada Pakaian

    Saat mencuci pakaian terutama yang berbahan dasar katun, penambahan soda ash bisa digunakan untuk membuat pakaian rekan analis menjadi tidak mudah kusut. Selain membuat kain tidak mudah kusut, penamban soda ash yang dicampurkan dengan deterjen dinilai mampu untuk membersihkan pakaian terutama pada noda noda membandel seperti minyak. 

    Noda minyak yang terkena pada pakaian umumnya sulit dibersihkan, apalagi yang berasal dari minyak mentah. Rekan Analis laboratorium migas bisa menggunakan kimia ini untuk membersihkan pakaian laboratorium yang terkena minyak hitam ini. 

    Selain noda itu, ternyata soda ash di klaim juga mampu untuk membersihkan noda noda darah. 

    Untuk lebih meyakinkan rekan - rekan semua, silahkan untuk membuktikan di rumah. sodium karbonat dijual secara bebas, jadi rekan semua bisa mendapatkannya dimana saja

    4. Pada Pengujian Laboratorium

    Pada Laboratorium soda ash sering digunakan untuk mengetahui kandungan ion pada logam. Hal ini bisa di lakukan dengan cara mengendapkan soda ash dengan garam dan logam, kemudian akan terjadi perubahan warna yang menidentifikasi ion - ion tertentu. Umumnya logam yang dilakukan analisis adalah jenis logam seperti Besi (Fe), Tembaga (Cu), Timbal (Pb), Kalsium (Ca) dan Seng (Zn).

    Perubahan warna yang terjadi dalam hal ini seperti di bawah ini :

    • Biru mengidentifikasikan Cu2+
    • Hijau Gelap mengidentifikasikan Fe2+
    • Kuning Kecoklatan Mengidentifikasikan Fe3+
    • Putih Menidentifikasikan Ca2+, Zn2+, Pb2+

    Namun rekan rekan hanya bisa mengetahui kandungan ion secara kualitatif saja. Sebaiknya juga bisa dilakukan analisa kuantitatif terkait seberapa banyak kandungan ion pada logam tersebut

    Cara Menguji Kemurnian Soda Ash

    Ada beberapa parameter yang umumnya dilakukan sehubungan dengan pengujian soda ash, yakni :
    • Bentuk
    • Warna
    • Bulk Density
    • Kada Na2CO3
    • Kadar Cl- (sebagai NaCl)
    • Kadar Fe(sebagai Fe2O3)
    • Residu
    • Moisture Content

    Pengujian Kemurnian soda ash

    Alat 

    • Timbangan / Neraca
    • Erlenmeyer
    • Titrator
    • Gelas Ukur
    • Baker Glas
    • pH paper

    Bahan

    • HCl
    • Methyl Orange
    • Aquadest
    • Soda ash

    Prosedur Kerja Uji Kemurnian Soda Ash (Na2CO3)

    1. Timbang sampel soda ash +- 1 gr
    2. Larutkan dengan aquabides 50 ml
    Aquadest atau air murni adalah air yang melalui proses destilasi satu kali dan mengandung mineral - mineral tertentu
    Aquabidest adalah air yang melalui proses destilasi bertingkat atau proses destilasi dua kali dan mengandung mineral yang lebih sedikit daripada aquades
    3. Pipet larutan 5 ml untuk dititrasi
    4. Teteskan +- 3 tetes Methyl Orange pada larutan hingga berubah menjadi orange
    4. Lakukan titrasi dengan larutan HCl 1 N menggunakan alat titrator hingga warna berubah menjadi jingga
    5. Hitung kadar kemurnian Na2CO3 tersebut dengan menggunakan rumus 

    % Na2CO3 = (V. Titran x 0.053 x 10 (pengenceran)) x 100 % / Berat Sampel

    Keterangan :
    V. Titran    : Jumlah volume HCl yang digunakan (ml)
    0.053           : (1 ml HCL 1 N = 0.053 gr Na2CO3)
    B. Sampel  :  Berat sampel saat ditimbang (mg)

    Pengujian Kadar Cl- (Sebagai NaCl)

    1. Timbang sampel soda ash +- 1 gr

    2. Larutkan dengan aquabides 50 ml, aduk perlahan hingga larut

    3. Tambahkan 3 tetes K2CrO4 hingga larutan berwarna kuning

    4. Titrasi dengan larutan AgNO3 hingga larutan berubah dari warna kuning menjadi Merah Bata

    5. Hitung dengan dengan rumus di bawah ini :

    % Cl- = (Vol Titran (ml) x N. AgNO3 x 58.5) / (berat Sampel x 1000)

    Keterangan :

    Vol Titran             :  Volume Titrasi AgNO3 yang digunakan, ml
    N. AgNO3              :  Normalitas AgNO3, N
    berat Sampel       :  Berat Soda Ash, gr

    Keamanan Kimia Soda Ash

    Sodium karbonate aman digunakan, namun tetap perlu memperhatikan msds nya. Hal yang penting antara lain :

    - Pada mata, sodium karbonat berbentuk powder yang bisa masuk ke dalam mata. Hal ini bisa menyebabkan mata iritasi dan perih. Bersihkan segera dengan air bersih atau obat tetes mata jika rekan rekan mengalami hal ini

    - Pada kulit, sodium karbonat menyebabkan iritasi yang membuat kulit merah dan gatal. selain itu dalam beberapa kasus juga menyebabkan kulit terasa panas. 

    - Pada mulut, apabila tertelan atau termakaan zat ini dapat menyebabkan mual, muntah atau iritasi pada bagian mulu. 

    Pastikan menggunakan perlatan pelindung diri ketika tengah menggunakan kimia ini untuk mencegah hal buruk kemudian.

    Rekan Analis bisa lihat MSDS Sodium Carbonat atau soda ash disini

    Harga Soda Ash

    Berapa harga soda ash dijual di pasar atau pun toko bahan kimia ?. Harga senyawa ini di berbagai toko online kini dapat mudah ditemukan. Salah satu contohnya di toko online shopee. 

    Kisaran harga soda abu ini berada pada harga Rp 20,000 per kg

    Untuk harga bergantung pada jenis soda ash yang digunakan apakah itu light atau dense. 

    Dibawa ini adalah gambar kisaran harga soda ash dari harga.web.id

    Penutup

    Sodium karbonat atau lebih dikenal dengan soda ash adalah senyawa kimia yang memiliki berbagai kegunaan di berbagai industri. Senyawa ini sangat useful, tidak heran sering ditemukan di pasar bebas. Demikianlah pambahasan kali ini, semoga bisa menjadi informasi baru untuk pembaca semua. Silahkan berikan komentar rekan rekan untuk berdiskusi bersama. Terima kasih


    source :
    Share:

    0 Comments:

    Posting Komentar