Selasa, 26 Juli 2022

, , , , ,

Perbedaan Emulsi dan Suspensi Adalah

Perbedaan emulsi dan suspensi bisa dilihat dari berbagai aspek, namun sebelum mengetahui perbedaan emulsi dan suspensi, rekan analis perlu mengetahui definisi keduanya

Hai Rekan Analis, artikel ini akan membahas tentang apa itu emulsi dan suspensi serta perbedaan emulsi dan suspensi itu apa saja sih ? 

Perbedaan Emulsi dan Suspensi,Emulsi,Suspensi,Ruang Analisa
www.ruanganalisa.com/perbedaan-emulsi-dan-suspensi-adalah

    APA ITU EMULSI ?

    Saat dua atau lebih material atau bahan dicampurkan, akan ada bahan atau material lain yang mungkin terbentuk. Salah satu dari campuran dua atau lebih material tersebut adalah emulsi

    Emulsi adalah tercampurnya bahan atau zat yang secara fisika atau alami tidak dapat tercampur. Definisi lain dari emulsi adalah campuran dua atau lebih cairan atau zat dimana salah satu zat membentuk tetesan, mikroskopis hingga ultramikroskopis yang tersebar diseluruh zat lainnya. 

    Kata emulsi berasal dari bahasa latin yang berarti “susu”. Susu adalah salah satu contoh emulsi lemak dan air. Proses mengubah campuran cair menjadi emulsi disebut emulsifikasi.

    Emulsi dibentuk dari  komponen cair baik secara spontan atau dengan cara mekanis seperti agitasi (pengadukan). Emulsi distabilkan oleh zat yang membentuk film pada permukaan tetesan atau cairan  misalnya sabun, atau yang memberikan stabilitas mekanis seperti karbon koloid atau bentonit. Emulsi yang tidak stabil akhirnya terpisah menjadi dua lapisan. 

    Emulsi yang stabil dapat dihancurkan dengan menghancurkan zat pengemulsi seperti menambahkan demulsifier yang sesuai, pembekuan atau pemanasan. 

    Beberapa emulsi yang dikenal adalah susu (dispersi tetesan lemak dalam larutan berair) dan mentega (dispersi tetesan larutan berair dalam lemak)

    Jenis - Jenis Emulsi

    Oil in water (O/W)

    oil in water maksudnya adalah emulsi yang pendispersinya air dan terdispersinya minyak, contoh emulsi oil in water adalah Susu

    Water in oil (W/O)

    water in oil maksudnya adalah emulsi yang pendispersinya minyak dan terdispersinya air, contoh emulsi water in oil adalah Margarin atau mentega

    Sifat Emulsi

    • Emulsi minyak dalam air tidak stabil dan sering kali terpisah menjadi dua lapisan saat posisi berdiri
    • Dalam menjaga stabilisasi emulsi, biasanya ditambahkan emulsifier
    • Bahan pengemulsi utama untuk emulsi oil in water adalah protein, sabun alami dan sintetik, dan sebagainya
    • Bahan pengemulsi utama water in oil adalah garam logam berat dari asam lemak, alkohol rantai panjang, jelaga, dll
    Fasa Terdispersi,Fasa Pendispersi,Contoh Emulsi,Ruang Analisa
    img source : www.ruanganalisa.com

    APA ITU SUSPENSI ?

    Suspensi adalah campuran heterogen dari partikel cair dan padat. Dalam kimia untuk menjadi suspensi, partikel tidak boleh larut dalam cairan. Suspensi partikel cair atau padat dalam gas disebut aerosol.

    Suspensi adalah campuran heterogen dari cairan yang mengandung partikel padat cukup besar untuk terjadi sedimentasi dimana partikel partikel tersebut dapat terlihat dengan mata telanjang, biasanya harus lebih besar dari 1 mikrometer, kemudian akhirnya akan mengendap, meskipun campuran hanya diklasifikasikan sebagai suspensi ketika dan ketika partikel belum mengendap.

    Suspensi terseparasi karena gravitasi. Padatan tersebut akan mengendap pada bagian bawah atau membentuk sedimen. Suspensi yang stabil dapat terbentuk dengan partikel padat yang sangat kecil (ukuran partikel di bawah 1 m). Partikel halus ditahan dalam suspensi oleh gerakan molekuler. Partikel terpisah sangat lambat dari cairan atau tidak sama sekali. Zat padat ini disebut koloid. Untuk mempercepat proses sedimentasi dalam suspensi (misalnya, dalam kimia), sentrifugal dapat digunakan. Gaya sentrifugal memisahkan partikel padat dari cairan.

    Karakteristik suspensi

    • Suspensi merupakan campuran heterogen
    • Partikel suspensi dapat dilihat dengan mata telanjang.
    • Partikel suspensi menyebarkan seberkas cahaya yang melewatinya dan membuat jalurnya terlihat

    Contoh suspensi

    • Lumpur Pemboran
    • Susu magnesium 
    • Partikel pasir tersuspensi dalam air 
    • Tepung dalam air 
    • Oren Jus
    • Darah
    • Cat

    PERBEDAAN EMULSI DAN SUSPENSI

    Secara umum perbedaan emulsi dan suspensi adalah pada emulsi memiliki dua zat, dalam fase yang sama tetapi tidak dapat bercampur satu sama lain. Sedangkan, suspensi memiliki dua zat dalam dua fase berbeda yang dicampur dengan benar. 

    Baca Juga : 11 Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium

    Partikel - partikel pada suspensi mampu dipisahkan dengan melakukan penyaringan, sedangkan pada emulsi partikel - partikel tersebut tidak mampu dipisahka dengan melakukan penyaringan    

    PENUTUP

    Demikianlah perbedaan - perbedaan emulsi dan suspensi yang jika dilihat secara fisika dan kimia terdapat perbedaan perbedaan tertentu seperti ukuran, jenis fasa hingga penglihatan secara visual. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat rekan rekan analis. Terima kasih


    source :
    https://www.britannica.com/science/emulsion-chemistry
    https://www.thoughtco.com/definition-of-emulsion-605086
    https://www.thoughtco.com/definition-of-suspension-605714    
    https://en.wikipedia.org/wiki/Suspension_(chemistry)
    https://testbook.com/learn/chemistry-emulsions-and-suspensions
    Share:

    0 Comments:

    Posting Komentar