Selasa, 09 Agustus 2022

, , , , ,

11 Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium Umum

Pada saat Rekan Analis masuk ke dalam laboratorium jenis apa pun itu, simbol keselamatan tetap harus ada. Meskipun banyak tanda dan simbol yang dipasang mungkin keliatan berlebihan atau alay hingga tidak perlu, simbol - simbol ini penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Saat baru memasuki laboratorium pastikan anda membiasakan diri dengan semua simbol - simbol ini terutama 11 simbol keselamatan kerja di laboratorium di bawah ini.

    Simbol,Keselamatan Kerja,Laboratorium,Ruang Analisa
    www.ruanganalisa.com/11-simbol-keselamatan-kerja-di-laboratorium

    11 Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium

    Biohazard

    Warna Pink, Kuning, Hijau, Biru mungkin keliatan cantik bagi rekan rekan semua, tetapi kalau sudah tertulis label biohazard mohon untuk berhati - hati. Berdasarkan Auburn University, simbol biohazard lahir dari tahun 1966. 

    simbol biohazard pada laboratorium
    img : biohazard

    Simbol ini digunakan secara internasional untuk menunjukkan zat atau benda yang menimbulkan bahaya menular bagi manusia. Menangani biohazard membutuhkan perawatan dan perlindungan khusus.

    Radiasi

    Simbol radiasi kadang disebut juga dengan "trefoil radiasi,". Simbol radiasi ini menunjukkan sesuatu yang dapat berpotensi menghadirkan bahaya radiasi. Ini berarti benda atau zat memancarkan radiasi melebihi apa yang dianggap benar - benar aman oleh Badan Energi Atom Internasional

    radiasi laboratorium
    img : radiasi

    Simbol yang telah digunakan sejak tahun 1946, digunakan secara internasional.

    Mudah Terbakar atau Flammable

    Personil atau anggota laboratorium harus mengetahui barang apa saja di laboratorium yang mudah terbakar di Laboratorium. Faktanya, simbol api adalah salah satu tanda yang paling mudah dikenali yang bisa rekan - rekan temui. 

    mudah terbakar laboratorium
    img : mudah terbakar

    Pada tahun 2015, simbol api menjadi bagian dari Sistem Harmonisasi Global untuk Klasifikasi dan Pelabelan Bahan Kimia, dalam hal ini menjadikannya simbol lab universal resmi untuk potensi bahaya kebakaran.

    Beracun atau Poison

    Simbol tengkorak dan tulang bersilang untuk racun bersifat universal dan sudah sejak zaman kuno. Menurut Universitas Princeton, simbol tengkorak ini telah digunakan dalam beberapa bentuk setidaknya sejak awal tahun 1800 an. 

    awas racun kimia
    img : awas racun

    Ini juga sekarang menjadi bagian dari Sistem Harmonisasi Global untuk Klasifikasi dan Pelabelan Bahan Kimia, yang berarti digunakan di seluruh dunia untuk menunjukkan zat atau bahan kimia yang beracun bagi manusia.

    Iritan

    iritan keselamatan kerja
    img : iritan

    Iritan dapat berbahaya bagi mata, kulit, atau saluran pernapasan. Simbol iritasi sebenarnya berubah dari bentuk lama yang mana ada alah tanda "X", tetapi versi baru, menurut U.K.'s Health and Safety Executive menjadi tanda seru. Simbol ini juga dapat menunjukkan suatu zat berbahaya bagi lapisan ozon

    Alat Pemadam

    Kebakaran merupakan bahaya di banyak laboratorium, simbol alat pemadam kebakaran sangat penting untuk memberi untuk memberikan tanda bahwa alat tersebut adalah pemadam api kecil. 

    alat pemadam api ringan
    img : APAR

    Oshatraining.com melaporkan bahwa Occupational Safety and Health Administration (OSHA) mengharuskan alat pemadam kebakaran diidentifikasi dengan jelas di lab, dan cara termudah untuk mematuhinya adalah dengan memiliki tanda dengan simbol pemadam api.

    Jangan Sentuh

    Simbol tidak atau jangan sentuh ditampilkan dengan jelas di lab ketika ada sesuatu yang tidak boleh rekan rekan lakukan. International Standards Organization (ISO) mengisyaratkan agar tanda - tanda keselamatan dapat dikenali secara universal. 

    Dont touch
    img : jangan sentuh

    Lingkaran merah dengan tangan di tengah ini berarti "jangan lakukan." Rekan - rekan juga dapat melihat dengan rokok di tengah yang berarti jangan merokok, garpu dan piring untuk jangan makan.

    Pintu Darurat atau Emergency Exit

    emergency exit
    img : pintu darurat

    Rekan - rekan baiknya mengetahui di mana letak semua pintu keluar, terutama saat bekerja di lingkungan lab di mana kita mungkin perlu keluar dengan cepat. Faktanya, menurut National Institute of Building Sciences, laboratorium diharuskan menandai rute keluar dari area tersebut dengan tanda yang dapat diidentifikasi dengan jelas.

    Area Terbatas atau Restricted Area

    restricted area
    img : area terbatas

    Karena banyaknya bahaya, beberapa area diberi label sebagai terlarang atau terbatas. Pimpinan lab dapat melaporkan beberapa tujuan pembatasan degan menggunakan jenis tanda atau simbol ini, termasuk privasi perusahaan, potensi kontaminasi dari sumber luar, dan kemungkinan bahaya keselamatan bagi mereka yang berada di dekat lab

    Emergency Shower

    emergency shower keselamatan kerja di laboratorium
    img : emergency shower

    Menurut American National Standards Institute, laboratorium diharuskan memiliki EMERGENCY SHOWER. Hal ini bertujuan agar rekan rekan personil laboratorium dapat membilas bahan kimia dan bahaya lainnya dengan cepat jika terjadi keadaan darurat. Emergency Shower ini harus diberi label dengan jelas dengan tanda dan simbol seperti pada gambar di atas

    Korosif

    simbol korosif
    img : korosif

    Simbol lain dari Globally Harmonized System of Classifying and Labeling Chemicals adalah korosif. Simbol ini menunjukkan sesuatu yang korosif pada permukaan dan merusak kulit manusia. Rekan analis mungkin sering menemukannya pada botol - botol di laboratorium kimia atau laboratorium biologi pun di tempat tempat lainnya. Dengan demikian rekan rekan sekalian dapat berhati hati dalam menggunakan bahan kimia ini

    PENUTUP

    Membaca label dan memperhatikan tanda adalah bagian penting dari keselamatan lab, baik Anda bekerja di lab profesional atau belajar di lab universitas atau sekolah. Kenali makna di balik simbol keselamatan laboratorium sehingga Anda mendapat informasi tentang bahaya kerja yang mungkin Anda hadapi.

    Demikianlah tadi informasi terkait 11 simbol keselamatan kerja di laboratorium baik kimia, fisika maupun biologi secara umum. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan rekan analis semua. Sampai Jumpa pada artikel selanjutnya

    reference :

    1] https://science.lovetoknow.com/12-important-lab-safety-symbols-their-meanings

    Share:

    2 komentar: